FAQ

11. Apakah Pembeli dikenakan fee ?
Tidak sama sekali. Kami mengedepankan asas profesionalisme dalam pelayanan kami; sesuai dengan standard internasional, kami hanya akan mengcharge Success Fee kepada Pemilik (Owner) property yang kami pasarkan. Laporkan ke kami apabila ada salah satu Agent kami yang mengatasnamakan Youngster Pro dan mengharuskan Pembeli untuk membayar Success Fee kepada Agency kami. Jika terbukti, Agent tersebut akan kami tindak tegas dan kami berikan reward kepada Pembeli yang melaporkan.
22. Apa tugas dari sebuah Property Agent ?
Tugas dari seorang Property Agent meliputi hal-hal sebagai berikut : Dari sisi Pemilik (Owner) : - Memasarkan dan memperkenalkan properti tersebut kepada masyarakat luas - Melakukan survey lapangan dan memastikan bahwa harga yang diberikan oleh Pemilik (Owner) adalah harga yang Salable (pantas untuk dijual; Tidak terlalu rendah/terlalu tinggi) - Menjaga privasi Pemilik (identitas, fotokopian serpitikat dll) dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab - Menjadi perwakilan dari Pemilik (Owner) dalam negosiasi harga dan survey lokasi kepada calon Pembeli, sehingga Pemilik tidak perlu repot-repot datang ke lokasi untuk calon Pembeli yang tidak serius - Mempertemukan Pemilik (Owner) dan Pembeli (Buyer) dalam titik kesepakatan yang sama Dari sisi Pembeli (Buyer) : - Mencari property yang sesuai dengan permintaan (request) dari Pembeli (Buyer), sehingga Pembeli (Buyer) tidak perlu repot-repot menghabiskan waktu untuk berkeliling - Menjadi perwakilan dari Pembeli (Buyer) dalam negosiasi harga - Mempertemukan Pembeli (Buyer) dan Pemilik (Owner) dalam titik kesepakatan yang sama - Memperkenalkan Pembeli kepada Notaris dan Account Executive dari Bank yang bisa dipercaya - Menjaga privasi Pembeli (identitas, slip gaji, rekening koran dll) dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab
33. Bagaimana proses pembelian sebuah properti ?
A. Survey Lokasi B. Deal Harga C. Pelunasan
44. Apakah UTJ Pembeli akan kembali jika pembelian dibatalkan ?
Tergantung dari pihak mana yang membatalkan. Sesuai dengan SOP (Standard Operational Procedure), Agent kami harus memberitahu kepada calon Pembeli (Buyer) dan Pemilik (Owner) bahwa UTJ (Uang Tanda Jadi) yang diberikan Pembeli (Buyer) akan hangus dan tidak bisa dikembalikan jika Pembeli (Buyer) membatalkan pembelian properti secara sepihak. UTJ tersebut akan menjadi pengganti kerugian kepada Pemilik untuk membatalkan penawaran dari calon Pembeli yang lain. Namun, jika Pemilik (Owner) yang membatalkan secara sepihak, maka Pembeli (Buyer) akan mendapatkan UTJ nya kembali secara utuh dan mendapatkan ganti rugi tambahan berupa uang tunai untuk waktu yang sudah dihabiskan dalam pembelian property tersebut. Adapun besarannya dinegosiasikan dengan Pemilik. Beritahukan kepada kami jika ada salah satu Agent kami yang secara sengaja ataupun tidak sengaja tidak memberitahukan resiko dan konsekuensi sebelum Pembeli memberikan UTJ. Jika terbukti salah satu Agent kami secara sengaja tidak memberitahukan kepada Pembeli, maka kami akan memberikan sanksi tegas kepada Agent yang bersangkutan dan memberikan reward kepada Pembeli yang bersangkutan.
55. Apakah Pemilik harus mengeluarkan biaya di awal proses pemasaran ?
Tidak sama sekali. Pemilik (Owner) hanya akan mengeluarkan biaya kepada Agency kami apabila properti milik mereka sudah terjual (success fee). Beritahukan kepada kami jika ada salah satu Agent kami yang secara sengaja ataupun tidak sengaja meminta uang dalam cara apapun sebelum properti anda terjual. Jika terbukti salah satu Agent kami secara sengaja meminta biaya kepada Pemilik (Owner) sebelum properti tersebut terjual , maka kami akan memberikan sanksi tegas kepada Agent yang bersangkutan dan memberikan reward kepada Pemilik yang melaporkan.
66. Berapa persen success fee yang harus dikeluarkan untuk jasa Brokership ?
Sesuai dengan standar internasional, success fee yang dikenakan untuk jasa jual beli adalah sebesar 2 – 2,5 %. Sedangkan untuk jasa sewa, sebesar 5 %. Beritahukan kepada kami jika ada salah satu Agent kami yang secara sengaja ataupun tidak sengaja meminta success fee lebih daripada takaran seharusnya. Jika terbukti salah satu Agent kami secara sengaja meminta success fee lebih daripada seharusnya kepada Pemilik (Owner) tanpa diketahui oleh Agency Youngster Pro , maka kami akan memberikan sanksi tegas kepada Agent yang bersangkutan dan memberikan reward kepada Pemilik yang melaporkan.
77. Apa yang terjadi jika Pemilik (Owner) membatalkan penjualan propertinya ?
Jika Pemilik (Owner) membatalkan penjualan propertinya sebelum properti tersebut terjual, maka Pemilik (Owner) tidak perlu membayar biaya apapun kepada kami. Namun, jika properti yang bersangkutan sudah laku, deal harga, dan sudah diberikan UTJ oleh Pembeli (Buyer) dan Pemilik (Owner) membatalkan penjualan properti tersebut, maka Pemilik (Owner) harus mengembalikan UTJ milik Pembeli (Buyer) secara utuh dan memberikan ganti rugi berupa uang sebesar 2 x (dua kali) lipat dari UTJ yang telah diberikan oleh Pembeli (Buyer). Aturan yang sama berlaku untuk kasus sewa menyewa.
88. Apakah ada batas-batas area dalam pemasaran properti di Youngster Pro ?
Tidak ada
99. Apakah data-data pribadi Pemilik yang dititipkan akan aman ?
Ya, pastinya. Data-data yang anda berikan kepada kami akan kami simpan di dalam brankas dan kami jaga kerahasiaannya. Kami tidak akan menjual atau memberikan data anda kepada pihak lain selain kepada pihak Bank dan Pembeli (Buyer) yang serius.
1010. Apa itu SHM ?
SHM adalah singkatan dari Serpitikat Hak Milik. Sebuah bentuk kepemilikan yang sah secara hukum akan sebuah properti (kebanyakan rumah) oleh satu atau lebih individu (bukan Perseroan Terbatas). SHM dapat diperjual belikan dan tidak perlu diperpanjang masa berlakunya.
1111. Apa itu HGB
HGB adalah singkatan dari Hak Guna Bangunan. Sebuah bentuk kepemilikan yang sah secara hukum akan sebuah properti (kebanyakan properti komersil) oleh satu atau lebih individu (bisa juga Perseroan Terbatas). HGB dapat diperjual belikan dan perlu diperpanjang masa waktunya minimal 2 tahun sebelum HGB tersebut habis masa berlakunya. HGB berlaku untuk 30 tahun dan dapat diperpanjang 20 tahun lamanya.
1212. Apa itu PPJB
PPJB adalah singkatan dari Perjanjian Pengikatan Jual Beli. PPJB dibuat antara Pembeli (Buyer) dan Penjual (Owner) setelah deal harga, Pembeli (Buyer) memberikan UTJ, dan dibuat sebelum ditandatanganinya Akta Jual Beli (AJB). PPJB dapat diperjual belikan kepada pihak ketiga, namun harus dengan sepengetahuan Pemilik (Owner). PPJB dapat diperjual belikan secara cash, namun akan mengalami sedikit kesulitan saat dikreditkan karena belum kuat secara hukum. Jika PPJB yang dimaksud adalah PPJB dari sebuah properti yang merupakan proyek dari sebuah pengembang, maka Pembeli (Buyer) perlu mencari tahu Bank yang sudah berkerja sama dengan pengembang yang bersangkutan, karena tidak semua Bank dapat memberikan fasilitas kredit dengan jaminan properti yang masih berstatuskan PPJB.
1313. Apa itu GIRIK
Girik adalah istilah populer dari tanah adat yang belum di konversi menjadi serpitikat (SHM, HGB, PPJB, dll) dan belum didaftarkan pada Kantor Pertanahan setempat. Tanah girik atau tanah bekas hak milik adat ini merupakan tanah yang dikuasai masyarakat dalam keadaan belum bersertipikat, oleh karenanya ditandai dengan surat girik. Tanah girik dapat diperjual belikan secara cash, namun tidak bisa diperjual belikan secara kredit dengan melibatkan pihak Bank. Girik merupakan bentuk kepemilikan milik individu yang belum sah secara hukum, dan dibuat setelah Republik Indonesia merdeka (setelah tahun 1945).
1414. Apa itu Verponding
Verponding, atau Eigendom Verponding, adalah hak milik tetap atas sebidang tanah atau bangunan yang belum sah secara hukum. Verponding adalah surat tagihan pajak atas tanah atau tanah dan bangunan dimaksud. Saat ini Verponding tersebut seharusnya sudah berubah menjadi Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB). Sedangkan Eigendom seharusnya sudah dikonversi menjadi jenis hak atas tanah seperti di atur dalam UU No. 5 Tahun 1960 tentang Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA). Eigendom Verponding dibuat sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Eigendom Verponding dapat diperjual belikan secara cash, namun tidak bisa diperjual belikan secara kredit dengan melibatkan pihak Bank.
1515. Apa itu PPH
PPH adalah singkatan dari Pajak Penghasilan; sebuah jenis pajak yang dikenakan kepada orang pribadi atau badan atas penghasilan yang diterima atau diperoleh dalam suatu Tahun Pajak, dan sifatnya wajib dibayarkan kepada negara oleh Penjual (Owner) sebesar 5 % (lima persen) dari nominal properti yang terjual.
1616. Apa itu NJOP
NJOP adalah singkatan dari Nilai Jual Objek Pajak; harga rata-rata jual beli yang diperoleh dari harga objek lain yang sejenis, Nilai Jual Objek Pajak Pengganti atau nilai baru. Objek pajak perumahan, yang wajib pajaknya perseorangan dengan Nilai Jual Objek Pajak atas bumi dan bangunan sama atau lebih besar dari Rupiah.
1717. Apa itu IMB
IMB adalah singkatan dari Izin Mendirikan Bangunan; Perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. IMB merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum. Kewajiban setiap orang atau badan yang akan mendirikan bangunan untuk memiliki Izin Mendirikan Bangunan diatur pada Pasal 5 ayat 1 Perda 7 Tahun 2009.
1818. Apa itu NUP
NUP adalah singkatan dari Nomor Urut Pemesanan (NUP) atau priority pass; sebuah skema membeli properti dengan menggunakan antrian nomor urut. NUP ini biasanya diberikan dari pengembang secara khusus kepada calon pembeli potensial sebelum produk properti tersebut secara resmi di jual kepada publik.
1919. Apa itu UTJ
UTJ adalah singkatan dari Uang Tanda Jadi; bentuk sebuah komitmen yang diberikan oleh Pembeli (Buyer) kepada Agency Youngster Pro selaku perantara sebagai bentuk kesepakatan harga beli sebuah properti antara Pembeli (Buyer) dengan Pemilik (Owner). UTJ diberikan kepada Agency dengan maksud untuk menjaga keamanan dari pihak Pembeli (Buyer). UTJ akan diberikan kepada Pemilik (Owner) setelah serpitikat kepemilikan properti tersebut sudah dicek keabsahannya oleh Notaris/PPAT yang sudah disepakati di BPN (Badan Pertanahan Nasional). Dengan memberikan UTJ, maka Pemilik (Owner) akan menutup peluang bagi calon Pembeli lainnya untuk membeli properti tersebut.
20Saya ingin pindah kantor dan ingin coba konsultasi berbayar. Apa yang akan saya dapatkan?
Anda akan dapatkan sesi Konsultasi khusus dan data-data pendukung dalam bentuk dokumen untuk perbandingan harga setiap vendor (pemilik properti), track angkutan umum yang cocok dengan kebutuhan karyawan anda, dan perbandingan jarak dan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk bolak balik dari setiap lokasi dan lokasi anda sekarang.
21Apakah konsultasi berbayar bisa saya pakai di daerah di luar Jakarta?
Ya bisa. Hanya saja karena banyaknya permintaan, kami membatasi pelayanan kami hanya di area Jakarta Barat dan BSD City.
22Apakah saya boleh Konsultasi dulu baru bayar belakangan?
Tidak bisa, sebelum konsultasi harus transfer dulu ke rekening BCA baru kemudian pertemuan akan diatur menurut waktu dan tempat yang sudah disepakati.
23Apa yang terjadi jika saya sudah bayar Konsultasi berbayar untuk satu jam dan ternyata sesi Konsultasi selesai sebelum satu jam?
Konsultan kami akan melayani untuk pertanyaan anda seputar properti lain, sampai batas waktu yang telah ditentukan.
24Apa yang terjadi jika sesi konsultasi berbayar melebihi dari waktu yang telah ditentukan?
Konsultan kami akan menyudahi sesi konsultasi sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Namun jika tidak memungkinkan, maka sisa pembayaran dapat dilunasi di akhir sesi konsultasi saat tatap muka.
25Apakah sesi konsultasi berbayar ini aman?
Sebelum sesi konsultasi tatap muka berlangsung, anda akan diarahkan oleh Customer Service kami untuk memilih tempat yang paling cocok untuk anda. Bisa di restoran/tempat umum, atau bisa juga langsung di rumah anda. Jika saat tatap muka Konsultan tidak hadir, atau melakukan tindak kriminal, anda bisa menghubungi Customer Service kami dan kami akan segera mengusut kebenarannya dalam waktu maksimal 2 x 24 jam. Jika terbukti Konsultan kami bersalah, maka kami akan mengembalikan uang yang sudah anda transfer sepenuhnya tanpa ada potongan apapun.